Inilah 10 Tips Cerdas Menghadapi Ulangan atau Ujian




Hallo sobat semua! Siapa nih yang mau ulangan atau ujian? Tentunya harus punya persiapan yang matang bukan! Yang namanya siswa/murid pasti bakal menghadapi yang namanya ulangan atau ujian betul nggak! Tes inilah yang akan menentukan nilai dan kelulusan sobat nantinya.
Sebentar lagi kan sobat akan menghadapi ulangan nih! Jadi, mumpung libur puasa yang cukup lama ini saya sarankan sobat masih tetap mempersiapkan untuk pertempuran nantinya. Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sedikit tips buat sobat yang akan menghadapi ulangan, tipsnya pun bukan hanya dari saya saja melainkan dari berbagai sumber, seperti orang tua, guru dan sedikit ngelancong ke blog orang sambil cari referensi hehehe...

Okay, tidak usah panjang lebar simak dan pahami ya!

1. Buatlah Niat untuk Belajar


Ada yang tau nggak kenapa saya urutkan niat di nomor 1? Kenapa niat, karena setiap manusia hendak bertindak  pasti itu adanya dorongan dari pikiran atau niat ingin melakukan. Tanamlah niat sobat untuk belajar jikalau sobat tidak ada niat sama sekali untuk belajar, saya yakin 100% sobat akan gagal.
Tanamlah pola pikir sukses, dan fokuslah untuk menggapainya. Jangan pernah loyo, apalagi berpikir bahwa materi ulangan atau ujian nanti sangat sulit di kerjakan. ingat, berjuanglah sekeras mungkin agar nantinya sobat akan menjadi orang yang sukses.

2. Singkirkan hal-hal yang Menghambat


Ada banyak faktor yang menghambat siswa-siswi tidak mau belajar. Faktor utamanya adalah rasa malas! Malas lagi.. malas lagi! Ya, malas adalah penyakit yang paling ngetop saat ini, akibatnya kita malas untuk belajar, memahami, menghafal atau bahkan hanya sekedar membaca buku saja.
Tidak ada yang bisa menyingkirkan rasa malas ini selain diri sendiri. Melalui pola pikir sukses yang kuat saya yakin sobat bisa melawan rasa malas itu. Mulailah belajar berpikir positif dan buang rasa malas itu dengan melakukan kegiatan-kegiatan yang berguna dan bermanfaat. Abaikan dulu media sosial, game, jajian untuk hang out atau keperluan-keperluan lain yang tidak begitu penting.

3. Rileks


Jika sobat sudah bisa menghilangkan atau mengurangi rasa malas itu, saya sarankan sobat juga harus bisa rileks saat belajar, jangan terburu-buru “pelan-pelan tapi pasti” pikirkan suatu hal yang baik dan menyenangkan saat hendak mulai belajar dan saat belajar, jangan membayangkan sesuatu yang aneh-aneh atau buruk padahl toh.. sesuatu yang negatif belum pasti terjadi.

4. Cari Referensi

 
Ada banyak cara yang bisa sobat lakukan untuk memahami dan mempelajari pelajaran yang diberikan guru ke sobat, antara lain mengikuti les, kerja kelompok, bertanya pada orang sekitar yang memahami, pergi ke perpustakaan, internet dsb.
Di dunia serba digital ini, sobat juga bisa mencari berbagai hal dengan mudah, termasuk hal-hal yang mendukung untuk belajar. Memang, bagi generasi millenial saat ini melepaskan gadget sebentar saja susah sekali. Kalau begitu, manfaatkan gadget sobat untuk media belajar online dari pada main game, chat nggak jelas lebih baik belajar!

5. Banyak Berlatih Soal


Ketika sobat sudah banyak mendapatkan referensi, sobat juga di sarankan untuk banyak-banyak berlatih soal, karena saya yakin bahwa sobat akan lebih mudah menjawab soal tersebut. Manfaatnya pun banyak. Pertama, untuk membiasakan otak berpikir lebih keras untuk mengerjakan soal-soal sehingga terbisa. Kedua, sebagai simulasi saat ulangan atau ujian. Ketiga, untuk memperkaya diri dengan berbagai model soal beserta penyelesaiannya. Banyak berlatih soal akan memberikan kesuksesan sobat saat ulangan atau ujian nanti.

6. Jangan Notebook


Notebook? maksudnya? Notebook itu maksudnya adalah menghafal mati, alias tiap kata harus di hafalin atau ngehafalin sama persis yang ada di buku. Sobat tidak perlu begitu ya! karena sobat juga harus memberikan kesempatan untuk mengembangkan pikiran sobat, jadi jangan terlalu menghafal materi bisa-bisa otak sobat down duluan dan timbulah rasa malas lagi.
Kalau sobat mau menghafal itu jangan semuanya persis di buku, ambil inti yang penting saja lalu kembangin dengan pikiran sobat, kan sobat sudah banyak dapat referensi nih! Jadi, saya yakin sobat bisa.

7. Belajar Setelah Pulang Sekolah dan Pagi Hari


Ini yang sering di kasih tau guru ke kami biasanya “Belajar Setelah Pulang Sekolah dan Pagi Hari” kenapa harus belajar setelah pulang sekolah sih? Karena, saat kita pulang sekolah memori otak kita masih kuat untuk menggingat pelajaran yang dipelajari di sekolah tadi, jadi kita perlu mengulangnya saja. Kenapa harus subuh/pagi? Nah.. saat itulah otak kita memang lagi freshnya dan mudah menggingat apa yang di pelajari saat itu.

8. Say No SKS (Sistem Kebut Semalam)


Jangan coba-coba untuk SKS ya! Karena tidak semua otak mampu menerima pelajaran dengan waktu mepet alias besoknya ulangan atau ujian, lebih baik sobat nyicil atau sedikit-sedikit belajarnya misalkan 3 hari sebelum ulangan atau ujian.
Jadi, kemampuan menggingat sobat lebih matang dan lancar dari pada menggunakan Sistem Kebut Semalam. 

9. Percaya Diri


Nah ini dia! Pede! Sobat harus pede saat mengerjakan soal-soal nantinya, sobat harus yakin dan percaya dengan semua yang sobat lakukan dari awal sampai saat ini bahwa sobat bisa menjadi yang terbaik dari sekian siswa-siswi di sekolah sobat. Ingat! Jangan lupa untuk menjaga kesehatan ya.

10. Berdoa dan Minta Restu dari Orang tua


Dari semua yang sobat lakukan tadi akan lebih komplit jika sobat berdoa dan meminta restu dari orang tua sobat untuk menghadapi ulangan atau ujian nanti. Karena perjuangan tanpa doa juga bisa berujung sia-sia, keduanya harus seimbang ya!

Mudahan dengan adanya tips ini sobat bisa mulai belajar untuk bisa menjadi generasi yang berkualitas untuk bangsa dan membanggakan kedua orang tua sobat karena berprestasi.

Comments

Popular posts from this blog

10 Prospek Kerja Jurusan Teknik Sipil yang Perlu Diketahui Tahun 2018

5 Masalah Utama Turunnya Nilai Ulangan atau Ujian yang Sering Kali di Lakukan Pelajar