10 Kerja Sampingan untuk Mahasiswa yang Menjanjikan Tahun 2018



 Ilustrasi Kerja Part-time
Sebagai seorang mahasiswa umumnya, kewajiban kita adalah untuk belajar dan terus belajar agar dapat memperoleh nilai yang tinggi dan lulus tepat pada waktunya. Namun tidak ada salahnya sobat juga mau belajar mencari pengalaman kerja dengan cara melakukan kerja part time.

Nah kali ini  ZonaEducated akan membagikan sedikit  info mengenai 10 part-time job yang dapat membantu sahabat memperoleh uang lebih untuk keperluan membayar uang kuliah maupun untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. 

langsung aja ke nomor 1, simak dan pahami ya teman-teman😉


1. Bisnis Online

Siapa sih yang tidak tau dengan bisnis online, di era globalisasi yang serba canggih ini kita dapat membeli dan menjual barang yang kita mau kapan pun dan dimana pun kita berada.
Bisnis online terbilang efektif untuk menghasilkan uang, karena dalam bisnis online kita dapat dengan mudah  menjual barang dan produk yang kita punya. Selain dari menjual barang dan produk, bisnis online juga dapat berupa isi ulang pulsa elektrik, paket, dll.

2. Fotografer


Nah, bagi teman-teman yang suka cekrek-cekrek dalam hal berfoto, mari belajar untuk cekrek cekrekngin orang 😁 cekreknya jangan sembarang cekrek ya 😄. Tahun ini teman-teman juga dapat meliat banyak sekali peminat fotografi, baik itu dalam acara pernikahan, wisuda, ulang tahun, acara seminar maupun kids zaman now tanpa ada momen yang berkesan sekali pun, tempat ane banyak sih 😅. 

Seiring dengan hal itu, banyak orang yang mulai menggunakan jasa fotografer untuk mengabadikan momen-momen apa pun, dibanding hanya foto asal saja. Kerja part-time fotografer bisa lho buat nambah-nambah uang saku sobat, karena sekarang semua kegiatan banyak yang memerlukan jasa fotografer.

3. Pelayan Restoran (Waiters)


Sobat juga dapat mencoba ikut bekerja sebagai pelayan restoran lho, soalnya sobat juga dapat  menemukan dan berteman dengan orang-orang yang mampir di restoran tempat sobat bekerja tersebut.
tapi ingat ya, harus atur waktu yang baik, agar kuliah sobat berjalan dengan lancar sesuai harapan yang di inginkan. amin

4. Penerjemah Bahasa


Untuk teman-teman yang mempunyai ketrampilan dan pemahaman dalam berbahasa asing di atas rata-rata atau memang sedang menempuh kuliah jurusan bahasa asing, maka bisa mencoba menjadi penerjemah bahasa, baik itu bahasa inggris, jerman, china, dsb. Barangkali ini merupakan peluang kerja yang cocok untuk mahasiswa seperti teman-teman. 

Peluang kerja seperti ini banyak sekali yang digunakan, karena banyaknya literatur-literatur jurnal ilmiah maupun text book yang menggunakan bahasa asing. Sehingga bagi orang-orang yang kesulitan untuk menerjemahkannya mereka dapat menggunakan jasa teman-teman.

5. Pengantar Pesanan (Delivery Order)


Bagi sobat yang juga suka jalan-jalan dan menemukan hal baru, disini sobat juga bisa mencoba bergabung sebagai jasa pengantar pesanan baik itu makanan maupun barang. 
Biasanya yang banyak membutuhkan karyawan jenis ini adalah makanan cepat saji yang mempunyai layanan delivery order. 

Tugas sobat hanyalah mengantarkan pesanan ke alamat pemesan yang telah ditentukan, tentunya sobat juga harus berhati-hati  dan menjaga keamanan dalam perjalanan mengantarkan pesanan tersebut, supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.
  
6. Penjaga Toko atau Warnet



Coba perhatikan di sekitar wilayah tempat sobat tinggal, pasti terdapat banyak bertebarannya toko-toko dan warnet (Warung internet). Tidak ada salahnya sobat untuk menanyakan ke pemilik toko atau warnet barang kali butuh penjaga toko atau operator warnet tersebut. Tapi sobat juga mesti ingat mengatur jadwal shift jaga warnet agar tidak berbenturan dengan jadwal kuliah atau jadwal praktikum sobat.

Manfaatkan waktu senggang sobat dengan baik dan produktif. Sobat juga bisa sambil belajar materi kuliah, mencari paper jurnal online yang berkaitan dengan ilmu yang sobat pelajari di perkuliahan nantinya dengan memanfaatkan jaringan tempat sobat bekerja.

7. Jasa Pengetikan

 
Memang benar saat ini hampir semua orang mempunyai komputer atau laptop sendiri. Namun kebanyakan orang yang saya temukan mereka kadang malas mengetik dan mengerjakan tugas dalam bentuk pengetikan, maka dari itu sobat juga dapat membuka jasa pengetikan untuk menambahkan uang saku sobat.

Tidak ada salahnya sobat sekalian mencoba dan belajar untuk lebih mandiri dan tidak selalu berharap dengan orang tua. ingat, kunci kesuksesan itu adalah berusaha disertai doa yang tulus dari hati, bukan terpaksa.

8. Penulis Lepas



Banyak bisnis online yang membuka lowongan kerja part-time penulis lepas, baik itu untuk website kesehatan, website kecantikan, sampai website untuk co-working space. Karena pada dasarnya masyarakat milenial sekarang lebih memilih dan tertarik mencari informasi tentang suatu hal yang diinginkan melalui internet, karena mudah dan praktis.

Sobat juga boleh ikut dan berperan sebagai penulis lepas pada saat waktu-waktu senggang, karena sobat juga bisa sambil belajar dan memperbaiki kosakata yang kurang sobat pahami dan kuasai.

9. Jasa Perawatan Hewan Peliharaan


Sobat suka hewan ? bagi sobat yang senang dan menyukai hewan peliharaan  pasti cocok untuk ikut bekerja dalam bidang ini. Ya, jasa perawatan hewan peliharaan. Tentunya sobat akan mendapatkan kebahagiaan tersediri bisa dikelilingi hewan-hewan yang imut dan lucu-lucu plus dapat pemasukan keuangan atas jasa sobat lakukan.

10. Menjadi Programmer





Tahukah sobat bahwa programmer itu banyak di cari-cari perusahaan ! tahukah kenapa ? ya, programmer itu selalu berhubungan dengan teknologi seperti hal nya membuat aplikasi, software, game apalagi. Bagi sobat yang sudah ahli atau memang mengambil jurusan perkuliahan TI (Teknologi Informatika) pasti tidak asing lagi bagi sobat dengan kata programmer.

Menjadi programmer, sobat akan dituntut untuk bisa berbahasa inggris dan bahasa pemrograman seperti php mysql, java, phyton dan lain sebagainya.


Nah, demikian tadi adalah 10 jenis pekerjaan sampingan yang cocok untuk mahasiswa perkuliahan yang dapat dilakukan pada saat waktu-waktu senggang atau part-time.

Pesan penulis untuk sobat adalah lakukan hal-hal yang berguna dan bermanfaat bagi kehidupan sobat dan masyarakat, jangan menyia-nyiakan waktu dengan bermain tanpa tujuan dan manfaat.
ingatlah, tugas sobat sekalian sebagai mahasiswa adalah untuk belajar dan menyelesaikan perkuliahan, jangan sampai sobat menyia-nyiakan harapan orang tua yang banting tulang untuk mengusahakan sobat bisa masuk perkuliahan saat ini.
Sekali lagi pesan saya adalah, Berusaha dan berdoa.






Comments

  1. Thanks atas informasinya gan, entar coba daftar sebagai jasa potografer di sini. soalnya banyak sekali yang suka rental camera digital tanpa ada PG nya langsung. semoga sukses blognya gan

    ReplyDelete
  2. Thanks gan, jadi bisa cari kerjaa n buat nambah uang belanja nih

    ReplyDelete
  3. Inget jadi mahasiswa itu pas lagi kere2nya gw hahaha...
    Nunggu transferan dari ortu pas tanggal2 tua pasti cekak..
    biar ga kejadian cekak ky gitu mahasiswa seperti kalian, tolong manage dengan baik..
    cari pengetahuan tentang literasi keuangan dan cara manage keuangan.
    salah satunya mungkin bisa baca ini:
    investasi untuk mahasiswa

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

10 Prospek Kerja Jurusan Teknik Sipil yang Perlu Diketahui Tahun 2018

5 Masalah Utama Turunnya Nilai Ulangan atau Ujian yang Sering Kali di Lakukan Pelajar

Inilah 10 Tips Cerdas Menghadapi Ulangan atau Ujian