10 Prospek Kerja Jurusan Teknik Informatika yang Perlu Diketahui Tahun 2018



Bagi sobat ZonaEducated yang saat ini menempuh mata perkuliahan jurusan TI (Teknologi Informatika), pastinya harus tau prospek kerja yang dapat di jalani dan ditekuni saat sobat lulus nanti.
Dunia informatika saat ini sangatlah menarik untuk dipelajari semua orang, berbagai kalangan pun ikut serta menggunakan teknologi, dari yang anak-anak sampai ke orang tua sekalipun.
Kehadiran  informatika saat ini sangatlah penting bagi semua orang, karena informatika secara tidak langsung mengantarkan dari ketidaktahuan menjadi mengerti dan memahami suatu hal yang sebelumnya kita tidak pahami.
Informatika sendiri merupakan ilmu yang mempelajari seputar perangkat, baik itu sistem ataupun alat yang bisa menyampaikan suatu informasi kepada orang-orang yang kita kehendaki.
Dengan perkembangan jaman yang semakin maju ini mau tidak mau bagi orang-orang yang benar-benar mendalami dalam bidang TI atau IT, akan selalu berlomba-lomba untuk mengembangkan suatu sistem mereka untuk keperluan pribadi ataupun bisnis.
Namun, banyak orang yang menggunakan ketrampilan di bidang ini dengan cara yang salah dan merugikan orang lain. Jadi, kali ini ZonaEducated akan membantu sobat agar tidak salah kaprah menentukan pekerjaan  sobat nantinya.

1. Menjadi Teknisi Komputer


Nah, bagi sobat yang mempunyai keahlian  dan ketrampilan dalam hal merangkit suatu benda baik itu komputer, printer dan lain sebagainya. Akan lebih cocok dan pastinya peluang diterima lebih besar. Sebagai seorang teknisi komputer kita juga harus mempunyai keahlian dalam bentuk pembersihan virus, instalasi program, dan rooting perangkat.

2. Menjadi Programmer


Profesi paling umum bagi lulusan teknik informatika adalah progarmmer, karena programmer selalu ada kaitanya dengan teknologi.  Teman-teman tau gak kalau tidak ada programmer maka segala jenis aplikasi, website, game dan sebaginya tidak akan muncul seperti saat ini.
Programmer terbagi atas Desktop Programmer, Web Programmer, serta Mobile Programmer. Seorang Web Programmer setidaknya harus menguasai level framework, sedangkan untuk Mobile Programmer harus menguasai Java, dan seterusnya. Untuk menjadi programmer yang handal, sebaiknya anda tidak hanya mengandalkan ilmu yang anda pelajari di bangku sekolahan saja, namun juga harus mengembangkan diri.

3. Menjadi Guru TI


Sarjana lulusan Teknik Informatika juga bisa ikut serta mengajar di sekolah-sekolah, universitas, atau lembaga pendidikan. Saat ini TI telah diperkenalkan sejak bangku Sekolah Dasar, maka dari jenjang inilah lulusan TI boleh mengajar dan berbagi ilmu mereka.

4. Menjadi Software Engineer


Menjadi seorang software engineer harus memiliki kemampuan khusus untuk mengembangkan perangkat lunak menjadi berbagai keperluan yang bertujuan untuk mendukung pekerjaan. Untuk menjadi seorang software engineer yang handal, teman-teman juga harus bisa bahasa pemrogramman agar mendapatkan kinerja yang maksimal.
Dalam pekerjaannya, software engineer pastinya bekerja sama dengan programmer karena mereka saling berkaitan dan membantu satu sama lain dalam pembuatan program.

5. Menjadi Analyst System Integrator


Seorang Analyst System Integrator atau sering disebut dengan System Integrator, akan bertugas menganalisa suatu sistem yang akan dibuat nantinya, antara lain melakukan interaksi dengan kliens mengenai kebutuhan perangkat software maupun hardware,  melakukan interaksi dengan Designer dalam membuat rancangan User Interface, melakukan interaksi dengan Programmer dalam pembuatan program perangkat, serta melakukan dokumentasi terhadap program yang dibuat.
Untuk menjadi seorang yang berprofersi seperti ini, sobat harus memiliki keahlian analisis, teknis, manajerial, dan interpersonal.

6. Menjadi IT Consultant


Bagi sobat  yang berminat menjadi IT Consultant atau ahli TI, sobat harus benar-benar menguasai teori-teori teknologi, baik itu teknologi berbahasa komputer, serta pemprograman. Profesi IT Consultant pastinya akan memberikan konsultasi pada orang lain, antara lain memberikan rekomendasi dalam hal kebutuhan sistem program aplikasi pada perusahaan atau kantor.

7.  Menjadi Game Developer


Nah, bagi sobat yang pastinya suka dan senang dengan game. Sobat juga bisa belajar menjadi pembuat atau pengembang game yang sobat kehendaki. Pekerjaan ini memerlukan keahlian dari lulusan informatika, terutama bagi sobat yang mahir dalam pembuatan atau pengeditan desain grafis.
Untuk membuat game, sobat harus memerlukan tim kerja agar proyek yang sobat buat nantinya dapat berhasil dan berkembang. Dalam tim juga sobat harus membagikan profesi-profesi tiap member agar tidak campur aduk, misalnya A bagian animasi grafis, B bagian programming, dll.

8. Menjadi Security Systemanger


Seiring dengan berjalannya waktu, teknologi semakin canggih dan keamanannya pun rentan untuk di retasi oleh oknum-oknum tidak bertanggung jawab. Maka dari itulah banyak kantor dan perusahaan yang mencari orang yang berprofersi sebagai security systemager yang bisa menjaga sistem dan data base mereka.
Tujuan dari security system tentunya adalah sebagai pengaman atau penjaga suatu data-data user maupun sistem dari gangguan black hat hacker. Selain itu, profesi ini juga sering bekerja dalam menangani malware yang datang di suatu sistem tanpa sepengetahuan user-user tersebut. Bahasa pemprograman juga harus sobat kuasai karena itu merupakan pondasi utama dalam profesi ini.

9. Menjadi Database Administrator atau Network Engineer


Biasanya pekerja dari seorang Database Engineer atau Database Administrator ini hanya mengurus perawatan dan pengembangan database atau basis data saja, seperti data-data yang ada pada sebuah instansi atau perusahaan yang akan dirancang dan dipelihara sebaik mungkin, serta teratur dan mudah diakses.
Selain itu, tugas dari profesi ini adalah mengatur hak akses tiap user. Dengan kata lain, siapa saja user yang boleh mengakses database ini secara penuh (admin), dan siapa saja yang hanya bisa meliat isi databasenya.
10. Menjadi Computer Network Spesialist


Seorang lulusan Ilmu Komputer (Computer Science) atau Teknik Informatika (Informatics) dapat menjadi ahli computer network dimana dapat merancang arsitektur dan pembangunan jaringan. Seorang Computer Network juga berperan besar dalam perawatan dan pengelolaan jaringan dalam suatu perusahaan.
jadi, seorang lulusan informatika jangan bingung ya, karena saat ini dan seterusnya pastinya orang-orang akan banyak mencari tenaga kerja seperti sobat tekuni saat sekarang ini.

Comments

Popular posts from this blog

10 Prospek Kerja Jurusan Teknik Sipil yang Perlu Diketahui Tahun 2018

5 Masalah Utama Turunnya Nilai Ulangan atau Ujian yang Sering Kali di Lakukan Pelajar

Inilah 10 Tips Cerdas Menghadapi Ulangan atau Ujian