10 Prospek Kerja Jurusan Teknik Sipil yang Perlu Diketahui Tahun 2018




Halo sobat bertemu lagi bersama kami ZonaEducated yang akan selalu memberikan informasi-informasi penting dan terbaru untuk sobat-sobat ZonaEducated. Siapa nih yang sedang kuliah di jurusan teknik sipil atau yang ingin masuk kuliah jurusan teknik sipil ? ya, jurusan yang satu ini memang menjadi salah satu jurusan yang memiliki prospek kerja yang cerah bagi para lulusannya, jadi buat sobat ZonaEducated yang benar ya sekolahnya, ok.
Teknik sipil merupakan salah satu cabang ilmu teknik yang mempelajari tentang bagaimana caranya merancang, merenovasi, dan membangun infrastruktur yang mencangkup lingkungan untuk keberlangsungan hidup manusia. Tak heran, tiap tahunnya peminat jurusan kuliah teknik sipil selalu meningkat pesat.
Jurusan teknik sipil memiliki ruang lingkup yang sangat kuat karena di dalamnya jurusan ini selalu mempelajari ilmu yang kadang kebanyakan orang tidak sanggup atau tidak suka, contohnya matematika, fisika, kimia, biologi, geologi, lingkungan, hingga komputer.
Ok, langsung saja inilah 10 prospek kerja buat para sobat jurusan teknik sipil. 

1. Menjadi Konsultan Proyek


Menjadi konsultan proyek , sobat akan bertugas membantu dari sisi peninjauan keilmuan saja. Jadi bagi sobat yang hendak menjadi konsultan proyek pastinya tidak harus  turun ke lapangan secara langsung untuk meninjau proyek bersama kliennya.
Konsultan proyek dapat memberikan sebuah pertimbangan kepada klien proyek yang sedang dikerjakan mengenai banyak hal. Misalnya, pemilihan bahan konstruksi yang efisien, pertimbangan dampak lingkungan dari bahan bangunan yang digunakan, dan bentuk bangunannya atau terkait dengan aspek keselamatan tenaga kerjanya.

2. Menjadi Dosen


Bagi sobat lulusan teknik sipil pastinya bisa menjadi seorang dosen di universitas atau perguruan tinggi yang menerima atau memiliki jurusan teknik sipil. Peluang kerja seperti ini sangatlah lebar, karen di indonesia sendiri masih jarang terlihat seorang ahli di bidang ini.

3. Menjadi Manajer Konstruksi


Sebagai seorang yang berprofersi sebagai manajer konstruksi pastinya akan menjadi pemimpin yang akan bertugas untuk memberikan pengarahan dalam sebuah proyek konstruksi. Sobat juga akan berperan sebagai pengawas berjalannya proyek tersebut, tentunya tanggung jawab sobat pastinya lebih besar.
Sebagai manajer konstruksi sobat juga akan bekerja sama dengan arsitek, surveyor, dan bagian perencanaan dan implementasi lainnya. Proyek yang kamu kerjakan pun seperti tempat tinggal, bangunan komersil, industri, infrastruktur, lingkungan dan masih banyak lagi. Jangan lupa, kemampuan komunikasi sobat pastinya juga akan dituntut harus baik dalam prospek kerja teknik sipil ini. Baik itu komunikasi dengan anggota tim, klien, atau pun pihak-pihak yang terkait pembangunan.

4. Menjadi Kontraktor Insinyur Sipil


Menjadi seorang kontraktor berbagai proyek pembangunan infrastruktur akan menjadi sebuah peluang besar bagi sobat yang lulus dari jurusan  teknik sipil. Mengapa lulusan teknik sipil bisa menjadi seorang kontraktor ? ada yang bisa jawab !
Lulusan teknik sipil dapat menjadi kontraktor, karena pada dasarnya lulusan teknik sipil mempunyai ilmu yang sangat mendukung dan sangat berkaitan dengan pembangunan infrastruktur.
 Di dalam pembelajaran saat masuk kuliah pastinya  telah mempelajari tentang teknologi bahan bangunan, mekanika tanah, struktur kayu, struktur beton, manajemen proyek,  bahkan membuat rancangan anggaran biaya proyek pembangunan.

5. Menjadi Insinyur Air


Mungkin prospek kerja yang satu ini jarang sobat dengar dan terasa unik di telinga. Sesuai dengan namanya, prospek kerja Teknik Sipil ini cocok buat sobat yang senang dengan tantangan terkait pemecahan masalah global warming, infrastruktur yang menua, serta perkembangan populasi, dan standar kualitas hidup terkait dengan perairan.
Proyek yang akan sobat kerjakan misalkan saja ketentuan air bersih, pembuangan limbah air, dan pencegahan bahaya banjir. Yang pasti, di prospek kerja Teknik Sipil ini, tugas utamannya adalah untuk manajemen aset. Contohnya, perbaikan, serta menjaga struktur bangunan yang mengontrol sumber air, seperti tanggul laut.

6. Menjadi Insinyur Struktural


Sama hal nya dengan Insinyur Air, pastinya sobat juga jarang mendengar profesi seperti ini. Insinyur Struktural merupakan prospek kerja yang menggabungkan antara matematika dan sains secara kreatif, untuk mendesain struktur bangunan serta menyelesaikan masalah. Insinyur Struktural pun harus bisa merancang struktur bangunan yang kuat menahan tekanan dari lingkungan sekitar, dan dari penggunaan manusia nantinya.
Sobat harus bisa memastikan bangunan tersebut tidak berbelok, berputar, atau bergetar, dan bahkan hancur selama penggunaannya. Selain berlaku bagi bangunan yang baru direncanakan, ini juga berlaku untuk bangunan yang sudah ada.

7. Menjadi Pengacara Hak Paten


Sobat ZonaEducated jangan bingung dan merasa aneh bahwa lulusan teknik sipil bisa menjadi Pengacara. Buat sobat yang memiliki ketertarikan di bidang hukum, prospek kerja sebagai pengacara hak paten ini biasa sobat coba. Sebagai pengacara hak paten, sobat akan bertugas untuk menilai apakah suatu hal itu baru dan inovatif, sehingga layak diberikan hak paten.  Sobat juga tentunya akan mendapatkan pelatihan terkait hak paten dan pengetahuan mengenai properti intelektual.

8. Menjadi Insinyur Situs Pembangunan


Kalau untuk prospek kerja Teknik Sipil yang satu ini, pekerjaannya lebih ke arah teknis, pengorganisasian, dan pengawasan. Sobat akan bertugas untuk menentukan lokasi pembangunan infrastruktur, baik itu yang terkait yang dilihat di atas, maupun yang ada di bawah tanah. Sobat juga jangan lupa harus memperhatikan kesehatan dan keamanan di daerah tempat sobat bertugas ya.
Dalam pekerjaan tersebut sobat akan bekerja sama dan berhubungan dengan arsitek, manajer konstruksi, perencana, insinyur air, insiyur struktural, subkontraktor, supervisor, sampai dengan surveyor.

9. Menjadi PNS / Pegawai Negeri Sipil


Siapa bilang lulusan teknik sipil tidak bisa menjadi PNS ! institusi pemerintahan sangat membutuhkan lulusan Teknik Sipil seperti kementrian Pekerjaan Umum (PU) yang mengurusi berbagai hal yang terkait dalam pembangunan fasilitas negara. Selain itu lulusan Teknik Sipil juga bisa bekerja di Badan Perencanaan Nasional, Departemen ESDM (Energi Sumber Daya Mineral), Perusahaan Pertamanan kota dan masih banyak lagi.

10. Menjadi Surveyor Pengendalian Bangunan


Bagai sobat yang senang bekerja dengan detail, dan tertarik dengan bangunan dan konstruksi, prospek kerja Teknik Sipil yang satu ini boleh sobat coba. Sebab, surveyor pengendali bangunan ini biasanya bertugas untuk memastikan bahwa semua peraturan dan perundang-undang yang berlaku, diikuti oleh pembangunan yang sedang berjalan. Kalau tidak memenuhinya, kamu sebagai surveyor pengendali bangunan wajib memberikan solusi bagi klien sobat.
Sobat juga akan membantu mengurus dokumen perijinan jika memang diperlukan, dan wajib mengecek fondasi dan sistem drainase dari tanah yang akan dibangun. Semua itu tentu saja, tujuannya adalah untuk keamanan bagi semua pihak.

Apapun prospek kerja jurusan Teknik Sipil yang nantinya sobat inginkan, pastinya itu harus benar-benar sesuai dengan minat dan bakat sobat. Jangan terlalu memaksakan diri untuk memilih prospek yang tidak kita inginkan atau kita idamkan, karena pakasaan atau ikut-ikutan.

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

5 Masalah Utama Turunnya Nilai Ulangan atau Ujian yang Sering Kali di Lakukan Pelajar

Inilah 10 Tips Cerdas Menghadapi Ulangan atau Ujian